BUDIDAYA TANAMAN MELON DENGAN MODAL SEDIKIT

BUDIDAYA TANAMAN MELON DENGAN MODAL SEDIKIT
Budidaya Tanaman Melon Dengan Modal Sedikit
       Assalamualaikum wahai para pemberi harapan, para petani - petani kecil indonesia. Kali ini saya akan membagikan artikel tentang budidaya tanaman MELON sesuai dengan nama blog saya, cara saya membudidayakan dengan modal 4jtan.
      Nah, tanaman melon paling baik ditanam pada musim kemarau, dan tanah yang berpasir. Yang lebih bagus lagi disawah, habis panen padi baru ditanam tanaman melon. Kalau begitu,  saya akan membagikan untuk 2500 tanaman saja. langkah-langkahnya adalah :

1. Pembuatan Bandengan
      Pembuatan bandengan jarak sebaiknya adalah 12M, tapi saya pernah buat 30M. Pada musim kemarau kedalam paret cukup 10 - 15 Cm saja. Kalau pada musim hujan kedalam paret 20 - 25 Cm. Lebar bandengan 100cm dan panjangnya max 30M agar plastik tidak koyak saat ditarik.

2. Pesemaian benih melon
      Bibit melom disemai di tempat terbuka dengan polibag ukuran bibit. tanah yang digunakan untuk semai benih sebaiknya gunakan tanah yang mudah lebur seperti tanah bekas cacing. Isikan 3 sampai 5 butir pupuk NPK BASS kedalam polibag. Sebelum disemai tanah di semprot terlebih dahulu dengan racun ulat, lalu rapikan polibag dan siram terlebih dahulu, setelah itu isikan 1 polibag =  1 butir biji melon. Setelah selesai tutup benih melon dengan pupuk kandang dari kotoran bebek. Dan tutup semua benih polibag dengan plastik, setelah itu tutup lagi dengan jerami diatas plastik agar benih cepat tumbuh. Tunggu sampai 2 - 3hari, lalu buka plastik dan siram benih. tunggu sampai 7 hari sampai ada 2 helai daun.

3. Pemupupukan Pada Bandengan.
      Pemupupukan bandengan yang pertama adalah pemakaian dolomind untuk menetralkan pH tanah. dan pupuk kimia adalah sbg :
- KCL 60kg
- phonska 60kg
- ZA 60kg.
untuk 2500 tanaman cukup menggunakan 180kg pupuk dalam 3 jenis. Jangan pernah menggunakan pupuk daun (UREA) karna dapat membuat tanaman layu.

4. Pemasangan plastik mulsa
        Pemasangan Plastik MULSA biasanya ditarik pada siang hari atau saat matahari sudah mulai panas. Sebelum menarik plastik mulsa, bandengan disiram terlebih dahulu agar lembab. pada saat penarikan plastik mulsa pertama - tama clam dulu bagian ujung bandengan usahakan plastik jangan koyak atau berlubang kecuali pada bagian yang di clam, tarik sampai ujung bandengan satunya lagi, kurangi kira2 2M. lalu tarik secara perlahan agar mulsa tidak putus atau koyak dan clam.Pelubangan plastik mulsa dengan jarak 70 x 50 cm

5. Pesemaian benih melon ke bandengan
       Pesemaian benih melon pada bandengan dilakukan pada pagi hari dari jam 7 - 10 dan dilanjutkan pada sore hari dari jam 4 - 6.

6. Perawatan Melon
      Perawatan melon sangatlah susah. Setelah pesemaian benih melon semprot segera dengan insektisida untuk ulat dengan dosis rendah. Ketika tanaman sudah berumur 7 hari kontrol benih pada bandengan. Ganti benih yang mati dan layu atau keriting daunnya. Jika ada yang keriting daun sebaiknya di buang agar tidak menular pada tanaman lainnya. seprot rutin 4 hari sekali pada pagi dan sore hari kalau bisa diselang seling, penyemprotan pertama pagi dan yang kedua pada sore hari.
menggunakan pupuk daun atau vitamin daun dari umur 7 hari sampai buah segenggam tinju anak kecil setelah itu hentikan penggunaan pupuk daun atau vitamin daun karna dapat menyebabkan rontok putik/buah.
obat2 untuk penyemprotan melon yang saya sering gunakan :
- prevathon dosis digunakan sesuai buku penunjuk.
- dithane46 1pcs bikin 4tanki
- warrior (kapal terbang) 1pcs 4tanki pada tanaman layu.
      Pada umur 3hari semprot menggunakan BOM PADI untuk memperbesar buah melon dan pada umur 55 hari.

Hanya itu saja dari saya. Bisa ditanya kalau tidak mengerti terima kasih.

Popular posts from this blog

cara menanam ganja di lahan atau kebun

CARA MENANAM TIMUN APEL ACEH DAN BUDIDAYA TIMUN APEL ACEH

Cara Menanam Jahe dan Budidaya Jahe Dengan Benar

CARA MENANAM MELON DAN BUDIDAYA MELON

CARA MENANAM BAYAM DAN BUDIDAYA BAYAM

CARA MENANAM TOMAT DAN BUDIDAYA TOMAT

Cara budidaya Jamur tiram

CARA MENANAN JAGUNG DAN BUDIDAYA JAGUNG DENGAN BENAR 2016

Cara budidaya tauge dengan benar